Ayat-Ayat Astronomi

Al-quran adalah kitab suci bagi umat Islam, di dalamnya bukan hanya sebuah perintah melainkan ilmu pengetahuan yang di butuhkan seluruh umat manusia. termasuk pengetahuan mengenai Astronomi.
C. Ayat-ayat yang Berhubungan dengan Astronomi
Sebagaimana penulis telah menyinggung di atas bahwa ayat-ayat yang berhubungan dengan masalah astronomi jumlahnya sangat banyak, maka dalam makalah ini akan dibatasi pada ayat-ayat yang terdapat dalam al-Qur’an : Q.s. Yunus/10 : 5-6, Q.s. Yasin/36 : 37-40 dan Q.s. al-Jasiyah/45 : 12-13. Adapun bunyi redaksi ayat-ayat tersebut adalah sebagai berikut :
1). Q.s. Yunus/10 : 5-6
“Dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan )waktu. Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui. Sesungguhnya pada pertukaran malam dan siang itu dan pada apa yang diciptakan Allah di langit dan di bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan-Nya) bagi orang-orang yang bertakwa.” (Q.s. Yunus/10 : 5-6)
2)Q.s. Yasin/36 : 37-40
“Dan suatu tanda (kekuasaan Allah yang besar) bagi mereka adalah malam; Kami tanggalkan siang dari malam itu, maka dengan serta merta mereka berada dalam kegelapan. Dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Kuasa lagi Maha Mengetahui. Dan telah Kami tetapkan bagi bulan manzilah-anzilah, sehingga (setelah dia sampai ke manzilah yang terakhir) kembalilah dia sebagai sebuah tandan yang tua. Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malam pun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya.' (Q.s. Yasin/36: 37-40)
3). Q.s. al-Jasiyah/45 : 12-13
“Allahlah yang menundukkan lautan untukmu supaya kapal-kapal dapat berlayar padanya dengan seizin-Nya, dan supaya kamu dapat mencari sebagian karunia-Nya dan mudah-mudahan kamu bersyukur. Dan Dia menundukkan untukmu apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi semuanya, (sebagai rahmat) dari-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian ini benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berfikir.“ (Q.s. al-Jasiyah/45 : 12-13)

0 Response to "Ayat-Ayat Astronomi"

Posting Komentar