proposal penelitian (skripsi)

Isi Proposal penelitian
Proposal : rancangan penelitian untuk skripsi
Judul
A.   latar belakang masalah -----à keunikan dari fenomena (persoalan) yang diteliti, menjelaskan persoalan, dan menjawab mengapa peneliti tertarik untuk menelitinya. Yang unik : -à ekstrim, persoalan yang grey area (abu-abu, belum jelas jenis persoalannya).  Cerita fakta, bukan opini atau dasar hukum.
B.   rumusan masalah  -----à ambil sebagian dari aspek / focus yang diteliti. Apa masalah yang akan dicari jawabannya.
C.   tujuan penelitian -----à apa tujuan melakukan penelitian apakah mendiskripsikan, membuat kategori, menganalisis atau yang lainnya. Jangan membuat tujuan penelitian untuk mengetahui.
D.   manfaat penelitian -----à manfat praktis dan teoritis (akademik/keilmuan)
E.   kajian pustaka ---à pustaka yang bersifat kajian yang mengkaji persoalan yang hampir sama, temuannya apa dan metodologinya bagaimana, apa kekurangannya sehingga peneliti memiliki kesempatan untuk meneliti fenomena yang sama
F.    kerangka teori ----à teori apa yang digunakan untuk membaca fenomena
G.  Metode penelitian ---à dijelaskan cara menelitinya bagaimana secara rinci yang meliputi : jenis penelitian, sumber data dari mana, teknik pengumpulan data seperti apa, analisisnya seperti apa,
H.  Sistematika penulisan








Studi dokumen : membaca written texts  secara kritis (temuannya, logika apa, kekurangannya apa). Mengambil benang merah dari beberapa teks (jangan satu teks).


Makna gempa di kalangan kyai
1.   kyai a  --à azab
2.   kyai b --à musibah
3.   kyai c --à ujian
semua dobol karena pendapat itu hanya lah politic wacana

0 Response to "proposal penelitian (skripsi)"

Posting Komentar